Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Bagian dari Sejarah Asian Games 2018 Jakarta & Palembang

Pengalaman Volunteer Asian Games 2018 Jakarta & Palembang

Hallo sobat tasikplaza kembali lagi di pembahasan yang sedang rame di perbincangkan yaitu Asian Games 2018 di indonesia, setelah kemarin-kemarin saya sudah berbagi kisah cerita dimana pengalaman menjadi volunteer Asian Games 2018 pada test event bulan februari lalu.
volunteer Asian Games 2018
Volunteer Asian Games 2018
nah sekarang saya akan berbagi pengalaman tentang relawan Asian Games yang sangat langka untuk kita ikuti dimana asian games ini rutin di agendakan setiap 4 tahun sekali digelar dan di negara berbeda, dan pada gelaran ini indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menggantikan vietnam karena mengundurkan diri dengan alasan ekonomi mereka lagi tidak stabil.

jadi kita patut berbangga sebagai warga negara indonesia di karenakan indonesia di percaya lagi sebagai tuan rumah asian games setelah pada tahun 1962 indonesia pernah menjadi tuan rumah jadi ini kedua kalinya indonesia menjadi tuan rumah, belum tentu lagi indonesia akan menjadi tuan rumah di ajang perhelatan Olahraga Asian Games  ini.
Venue Canoe Slalom Bendung Rentang Majalengka
Venue Canoe Slalom Bendung Rentang Majalengka
Saatnya langsung kepada intinya yaitu berbagi pengalaman menjadi seorang volunteer di Asian Games 2018 Jakarta & Palembang, langsung saja di simak bro....

untuk menjadi seorang volunteer kita harus memiliki jiwa Integritas dan rasa solidaritas yang sangat tinggi, karena tugas menjadi seorang volunteer di ajang event Olahraga memerlukan banyak tenaga dan pikiran tentunya, karena semua digunakan untuk melakukan hal yang berkaitan dengan tugas yang akan kita dapat, ada yang menjadi seorang pendamping kontingen, tugas di venue pertandingan, di penginapan dan lain sebagainya untuk mobilisasi venue-venue pertandingan tergantung dimana kita di tugaskan nantinya.
curi curi kesempatan poto bareng atlet
walaupun sedang tugas kita harus tetap enjoy bro jangan stres karena bisa mengurangi kinerja kita saat bertugas ya walaupun poto bareng atlet bisalah mengurangi stres dikit, asal atletnya enjoy enjoy aja ya jangan ragu minta poto, kebalikanya jika si atlet merasa risih ya jangan di paksa minta poto ya. hehehe
Atlet uzbekistan dan kazakhstan sedang berbincang dengan volunteer ya sekalian ambil gambar hehe

pada gelaran Event ini saya mendapatkan tugas di divsi Transportasi, ini adalah pengalaman baru buat saya karena seblumnya saya tidak pernah memiliki rekam jejak di transportasi, tetapi ini adalah pilihan dari Inasgoc nya mau ga mau ya saya harus di terima karena untuk lolos jadi seorang volunteer ini kita harus mengikuti seleksi broo. setelah menerima informasi bahwa kita di tempatkan di Transportasi kita akan di wajib untuk mengikuti Training JST atau pengenalan dan pembekalan infromasi dimaa kita akan bertugas dan seperti apa tugas kita nanti.

Workshop dan Pelatihan di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia India
Workshop dan Pelatihan di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia India
coba bayangn aja dari sekian banyak puluh ribu orang yang daftar dan mengikuti seleksi yang diterima cuma beberapa persen saja ya sekitar 13000 orang volunteer, dimana jakarta dan suburb (jawa barat) paling banyak sekitar 10000 orang dan sisanya mungkin di palembang sumatera selatan.

karena untuk menjadi seorang volunteer asian games butuh perjuangan dan pengorbanan waktu 
dalam hal ini saya juga mengorbankan waktu di kampus untuk mengikuti seleksi asian games dimana seleksi nya di lakukan secara bertahap dan berkala jadi waktu untuk mengikuti kegiatan KBM di Kampus saya tinggalkan demi menjadi bagian dari sejarah olahraga indonesia, karena hal ini membuat saya terusik dan ingin ikut berpartisipasi di ajang asian games apalagi ini di gelar di indonesia.

Field Worker and Liason Officer Transportation
nah kali ini saya dan mendapatkan tugas di Majalengka bro jauh dari kemeriahan asian games di jakarta atau palembang karena di majalengka hanya ada 1 cabor yaitu Canoe Slalom. di tugas kan di majalengka kita juga bersama tim yang kita beri nama Tim BRM. terdiri dari 14 orang dan dimana di mana jumlah tersebut di bagi 2 yaitu 7 orang di Cirebon kenapa di cirebon karena semua atlet dan ofisial lainnya menginap di hotel yang ada di cirebon bro, nah yang 7 lagi di tugaskan di Venue Bendung Rentang Majalengka


Pengalaman Volunteer Asian Games 2018 Jakarta & Palembang
rekan satu tim volunteer
di majalengka banyak pengalaman yang bisa di ambil oleh para volunteer yaitu dimana semuanya itu bener di lakukan dengan sukarela karena kita di tugaskan di venue bendungan bro bukan di  perkotaan yang mungkin venue pertandingan di jakarta atau palembang mungkin masih bisa di kenali tapi ini saya baru pertama kali mendengar kata majalengka hehe...sorry bro saya bukanya merendahkan tapi ini kenyataan nya karena hampir semua volunteer saya tanya semua belum tahu daerah majalengka apalagi bendungan rentang nya, suasana disini katanya dingin tetapi kenyataan bro kemaren panas nya luar biasa bro bisa sampai 40"C mungkin karena musim kemarau jadi panas.

rekan volunteer
bersama rekan volunteer di majalengka
ini sangat bagus untuk merubah mindset orang dan mengenalkan daerah majalengka kepada seluruh masyarakat indonesia dan bahkan dunia, karena di majalengka sedang di bangun bandara bertaraf international yaitu bandara kertajati majalengka, penuh pengalaman bersama rekan volunteer di majalengka yang penuh dengan drama kolosal ada yang cilok ada yang berteman ada juga yang sampai emosi karena salah paham dalam komunikasi, ya itu semua pasti akan terjadi karena tidak mungkin dalam sebuah acara tidak ada yang namanya masalah, tetapi semua rangkaian acara di BRM semua berjalan lancar dan sukses di laksanakan dengan baik. untuk itu kita harus meng apresiasi seluruh stackholder yang berpartisipasi.
thailand bronze medal
Bersama atlet thailand yang baru merebut juara 3
ya kita sebagai orang yang di pilih kita harus bangga dan bersyukur kepada allah subhanahuwataala (tuhan yang maha esa) karena di beri kepercayaan untuk bisa berpartisipasi di ajang bersejarah ini karena memiliki nilai sejarah yang mungkin akan terulang sekitar puluhan tahun mendatang karena belum tentu indonesia akan menjadi tuan rumah lagi apalagi negara asia banyak yang memiliki ekonomi maju dan ingin menjadi tuan rumah.

sesekali saya rasakan bahwa divisi inilah pekerjaan yang sangat berat dan penuh resiko dikarenakan mengurus kendaraan yang akan mengangkut atlet atlet dan seluruh official yang bersangkutan,ke venue pertandingan.
Menjadi Bagian dari Sejarah Asian Games 2018 Jakarta & Palembang
Menyiapkan jadwal keberangkatan dari venue
di hari pertama kita mendapatkan pengarahan dari koordinator tim masing-masing untuk memaparkan tentang gambaran jobdesk sebagai volunteer di divisi transportasi, setelah mendapatkan pengarahan dari koordinator kita bisa mengetahui tugas kita sebagai volunteer transportasi, dimana jobdesk nya yaitu sebagai orang yang mengatur seluruh kegiatan yang berkaitan bidang transportasi bisa di kategorikan sebagai penyediaan kendaraan untuk keberangkatan ataupun kepulangan seluruh atlet dan official yang bersangkutan.

selain itu juga kita mengakomodir atau berkomunikasi dengan seluruh pihak yang berkaitan dengan transportasi yaitu di antaranya polantas dan dishub, jadi kita selalu berkomunikasi dengan seluruh pihak untuk kelancara semuanya.

untuk membuat acara berlangsung dengan lancar Transportasi adalah ujung tombak pertama dari semua hal karena kendaraan itulah yang akan membawa seluruh atlet dan official yang akan ikut ke dalam rombongan ada yang mencatat seluruh kegiatan dan membuat laporan keberangkatan dan kepulanganya. laporan itu sendiri sangat penting karena untuk mengevaluasi nantinya di bagian transportasi.
volunteer asian games 2018
Full Team LO Transportations Bendung Rentang Majalengka
itulah perjalanan singkat di majalengka yang penuh dengan kenangan dan drama karena semua tidak ada yang abadi ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, ini juga berarti buat kita volunteer yang bertugas yaitu dimana ada kata paling misterius " ada pertemuan pasti ada perpisahan" semua nya saya ucapkan terimakasih kepada seluruh orang yang telah membantu kegiatan saya di BRM khususnya kepada tim BRM transportasi yang sudah saling bantu dalam hal melaksankan tugas di majalengka.

secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan sukses semua berkat dukungan masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk mendukung atlet indonesia di asian games dan menempatkan indonesia di urutan 4 besar klasemen perolehan mendali dan indonesia juga akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Olympic 2032, ayo kita dukung dan bertemu di Olympic. see you

bila ada salah dalam bertutur kata saya minta maaf dan bila ada saran dan kritik silahkan kalian komentar di bawah ya guysssss.... thanks

Posting Komentar untuk "Menjadi Bagian dari Sejarah Asian Games 2018 Jakarta & Palembang"