Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Visi Indonesia 2020 Pemantapan persatuan bangsa dan kesatuan negara

Visi Indonesia 2020 Pemantapan persatuan bangsa dan kesatuan negara


Dalam mewujudkan visi indonesia 2020, bangsa indonesia akan mennghadapi tantangan keadaan dan perubahan saat ini dan masa depan, baik dari dalam maupun luar negeri.
Visi Indonesia 2020 Pemantapan persatuan bangsa dan kesatuan negara
Pemantapan persatuan bangsa dan kesatuan negara

kemajemukan suku, ras, agama, dan budaya merupakan kekayaan bangsa yang harus diterima dan di hormati. pengelolaan kemajemukan bangsa secara baik merupakan tantangan dalam mempertahankan integrasi dan integritas bangsa. penyebaran penduduk yang tidak merata dan pengelolaan otonomi daerah yang menggunakan konsep negara kepulauan sesuai dengan wawasan nusantara merupakan tantangan pembangunan daerah dalam lingkup negara kesatuan republik indonesia di samping itu, pengaruh globalisasi juga merupakan tantangan bagi pemantapan persatuan bangsa dan negara.

Sistem hukum yang adil

semua warga negara berkedudukan sama di depan hukum dan berhak mendapatkan keadilan. hukum di tegakan untuk keadilan dan bukan untuk kepentingan kekuasaan ataupun kelompok kepentingan tertentu. tantangan untuk menegakan keadilan adalah terwujudnya aturan hukum yang adil serta institusi hukum dan aparat penegak hukum  yang jujur, professional, dan tidak terpengaruh oleh penguasa. supremasi hukum di tegakan untuk menjamin kepastian hukum, keadilan, dan pembelaan hak asasi manusia.

sistem politik yang demokratis

tantangan sistem politik yang demokratis adalah  terwujudnya kedaulatan di tangan  rakyat, partisipasi rakyat yang tinggi dalam kehidupan politik, partai politik yang aspiratif dan efektif, pemilihan umum yang berkualitas. sistem politik yang demokratis di topang oleh budaya politik yang sehat, yaitu sportivitas, menghargai perbedaan santun dalam perilaku, mengutamakan kedamaian, dan anti kekerasan dalam berbagai bentuk. semua itu di harapkan melahirkan kepemimpinan nasional yang demokratis, kuat dan efektif.

sistem ekonomi yang adil dan produktif

Tantangan sistem ekonomi yang adil dan produktif adalah terwujudnya ekonomi yang berpihak pada rakyat serta terjaminya sistem insentif ekonomi yang adil,dan mandiri. sistem ekonomi tersebut berbasis pada kegiatan rakyat, yang memanfaatkan sumber daya alam secara optimal dan berkesinambungan, terutama yang bersumber dari pertanian, kehutanan, dan kelautan.
untuk merealisasikan sistem ekonomi tersebut di perlukan sumber daya manusia yang kompeten dan mekanisme ekonomi yang menyerap tenaga kerja. di samping itu, negara mengembangkan ekonomi dengan mengolah sumber daya dan industri lainnya, termasuk industri jasa.

sistem sosial budaya yang beradab

Sistem sosial yang beradab mengutamakan terwujudnya masyarakat yang mempunyai rasa saling percaya dan saling menyayangi , baik terhadap sesama masyarakat maupun antara masyarakat dengan institusi publik. peningkatan kualitas kehidupan masyarakat mencakup peningkatan mutu pendidikan, pelayanan kesehatan, penyediaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan rakyat, rasa aman, dan unsur unsur kesejahtaraan rakyat lainnya.

Posting Komentar untuk "Visi Indonesia 2020 Pemantapan persatuan bangsa dan kesatuan negara"