Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul JDBC Netbeans Koneksi Database ke Mysql

Modul JDBC Netbeans Koneksi JAVA ke Database  Mysql 

AKSES DATABASE DENGAN JDBC

4.1 Pengertian JDBC

Java Database Connectivity adalah API (Application Programming Interface) yang digunakan Java untuk melakukan koneksi dengan aplikasi lain atau dengan berbagai macam database. JDBC memungkinkan kita untuk membuat aplikasi Java yang melakukan tiga hal: konek ke sumber data, mengirimkan query dan statement ke database, menerima dan mengolah resultset yang diperoleh dari database.



JDBC mempunyai empat komponen :

1. JDBC API

JDBC API menyediakan metode akses yang sederhana ke sumber data relational (RDBMS) menggunakan pemrograman Java. dengan menggunakan JDBC API, kita bisa membuat program yang dapat mengeksekusi SQL, menerima hasil ResultSet, dan mengubah data dalam database. JDBC API juga mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan terdistribusi dari jenis sumber data yang berbeda-beda.
JDBC API adalah bagian dari Java Platform yang disertakan dalam library JDK maupun JRE. JDBC API sekarang ini sudah mencapai versi 4.0 yang disertakan dalan JDK 6.0. JDBC API 4.0 dibagi dalam dua package yaitu : java.sql dan javax.sql.

2. JDBC Driver Manager

Class DriverManager dari JDBC bertugas untuk mendefsikan object-object yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi ke sebuah sumber data. Secara tradisional DriverManager telah menjadi tulang punggung arsitektur JDBC.

3. JDBC Test Suite

JDBC Test Suite membantu kita untuk mencara driver mana yang cocok digunakan untuk melakukan sebuah koneksi ke sumber data tertentu. Tes yang dilakukan tidak memerlukan resource besar ataupun tes yang komprehensif, namun cukup tes-tes sederhana yang memastikan ftur-ftur penting JDBC dapat berjalan dengan lancar.

4. JDBC-ODBC Bridge

Brige ini menyediakan fasilitas JDBC untuk melakukan koneksi ke sumber data menggunakan ODBC (Open DataBase Connectivity) driver. Sebagai catatan, anda perlu meload driver ODBC di setiap komputer client untuk dapat menggunakan bridge ini. Sebagai konsekuensinya, cara ini hanya cocok dilakukan di lingkungan intranet dimana isu instalasi tidak menjadi masalah.
Dengan keempat komponen yang dipunyainya, JDBC menjadi tools yang dapat diandalkan untuk melakukan koneksi, mengambil data dan merubah data dari berbagai macam sumber data.
Modul ini hanya akan membahas dua komponen pertama dari keempat komponen yang dipunyai oleh JDBC, yaitu JDBC API dan DriverManager. Sumber data yang digunakan adalah Relational Database.

4.2 Database Driver

JDBC memerlukan database driver untuk melakukan koneksi ke suatu sumber data. Database driver ini bersifat spesifik untuk setiap jenis sumber data. Database driver biasanya dibuat oleh pihak pembuat sumber datanya, namun tidak jarang juga komunitas atau pihak ketiga menyediakan database driver untuk sebuah sumber data tertentu.
Perlu dipahami sekali lagi bahwa database driver bersifat spesifk untuk setiap jenis sumber data.
Misalnya, Database Driver MySql hanya bisa digunakan untuk melakukan koneksi ke database MySql dan begitu juga database driver untuk Postgre SQL juga hanya bisa digunakan untuk melakukan koneksi ke database Postgre SQL.
Database driver untuk setiap DBMS pada umumnya dapat didownload dari website pembuat DBMS tersebut. Beberapa vendor DBMS menyebut Database driver ini dengan sebutan Java Connector (J/Connector). Database driver biasanya dibungkus dalam file yang berekstensi jar. Setiap database driver harus mengimplementasi interface java.sql.Driver.

4.3 Membuat Koneksi

Melakukan koneksi ke database melibatkan dua langkah: Meload driver dan membuat koneksi itu sendiri. Cara meload driver sangat mudah, pertama letakkan fle jar database driver ke dalam classpath. Kemudian load driver dengan menambahkan kode berikut ini:

Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");

Nama class database driver untuk setiap DBMS berbeda, anda bisa menemukan nama class tersebut dalam dokumentasi driver database yang anda gunakan. Dalam contoh ini, nama class database driver dari MySql adalah com.mysql.jdbc.Driver.

Memanggil method Class.forName secara otomatis membuat instance dari database driver,class DriverManager secara otomatis juga dipanggil untuk mengelola class database driver ini.
Jadi anda tidak perlu menggunakan statement new untuk membuat instance dari class database driver tersebut.

Langkah berikutnya adalah membuat koneksi ke database menggunakan database driver yang sudah diload tadi. Class DriverManager bekerja sama dengan interface Driver untuk mengelola driver-driver yang diload oleh aplikasi, jadi dalam satu sesi anda bisa meload beberapa database driver yang berbeda.

Ketika kita benar-benar melakukan koneksi, JDBC Test Suite akan melakukan serangkaian tes untuk menentukan driver mana yang akan digunakan. Parameter yang digunakan untuk menentukan driver yang sesuai adalah URL. Aplikasi yang akan melakukan koneksi ke database menyediakan URL pengenal dari server databse tersebut. Sebagai contoh adalah URL yang digunakan untuk melakukan 
koneksi ke MySql :

jdbc:mysql://[host]:[port]/[schema]
contoh konkritnya :
jdbc:mysql://localhost:3306/latihan

Setiap vendor DBMS akan menyertakan cara untuk menentukan URL ini di dalam dokumentasi. Anda tinggal membaca dokumentasi tersebut tanpa harus khawatir tidak menemukan informasi yang anda perlukan.

modul lengkapnya bisa kalian dapatkan dengan cara di download melalui japri follow instagram @azidest_ lalu dm kesaya ya. trmkasih...

artikel terkait; download modul java, modul jdbc, koneksi java,

Posting Komentar untuk "Modul JDBC Netbeans Koneksi Database ke Mysql "