Contoh Tugas Akhir Universitas BSI 2023/2024

logo ubsi
logo ubsi

Tugas Akhir BSI 2023/2024 download pdf.docx.doc di bawah ini adalah contoh tugas akhir bsi yang sedang dikerjakan oleh saya. untuk mendapatkan full nya silahkan komentar saja guys.
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang Masalah

Pada saat ini beberapa instansi di negara kita tidak memiliki sistem yang menyediakan informasi inventarisasi jaringan komputer. Keadaan ini kurang efektif sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengatasi keadaan tersebut. Pengertian Inventaris jaringan komputer tersebut merupakan suatu kegiatan pencatatan barang sekaligus mengolah data-data persediaan barang yang dimiliki sebuah organisasi. Namun sayang, keberadaannya belum begitu mendapat perhatian yang serius sehingga peran dan fungsi dari inventaris jaringan komputer belum terlihat secara nyata.

Berdasarkan hasil observasi pada BPS Kota Tasikmalaya  yang peneliti lakukan pada bulan April 2019 diperoleh hasil bahwa Pada saat ini, manajamen inventaris jaringan komputer yang dilakukan pada BPS Kota Tasikmalaya  masih kurang efektif. Pihak instansi mengatakan bahwa saat ini pada BPS Kota Tasikmalaya masih menggunakan pendataan manual tulis tangan di buku sehingga dinilai kurang efektif dan efisien dikarenakan pencatatan nya di satukan dengan inventaris barang lainnya yang tidak berhubungan dengan jaringan komputer dan hal ini menyebabkan tidak terorganisir data inventaris jaringan komputer. Hal ini dinilai kurang efektif karena pendataan masih kurang akurat dan berantakaan.

Belum adanya sistem yang terjamin kualitasnya di instansi mengakibatkan pemborosan waktu dan biaya akibat dari sistem yang tidak memiliki fitur-fitur dan fungsionalitas yang bermanfaat dan sesuai. Suatu sistem informasi yang dibuat harus efektif dan sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu Sistem Informasi Inventaris Jaringan Komputer ini juga akan diuji kelayakan agar sistem terjamin kualitasnya.

Dengan adanya masalah tersebut, penulis menawarkan Sistem Informasi Inventaris Barang berbasis Website pada BPS Kota Tasikmalaya . Sistem yang coba dibuat oleh penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan MySQL sebagai database nya. Sistem informasi berbasis website sangat banyak digunakan karena penggunaan dan cara aksesnya yang begitu mudah sehingga sangat efektif untuk membantu mengelola suatu data yang ada di instansi.



A.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan, dapat diidentifikasikan masalah yang timbul adalah sebagai berikut:
1.      Inventaris Jaringan Komputer BPS Kota Tasikmalaya masih manual dengan tulis tangan di buku.
2.      Pendataan secara manual yang menyebabkan pengelolaan data masih lambat dan kurang efektif dalam pencarian data nya.
3.      Pendataan Inventaris Jaringan Komputer masih berantakan dikarenakan pendataan masih di satukan dengan inventaris barang lainnya yang bukan merupakan peralatan jaringan komputer sehingga membuat pengelolaan barang inventaris jaringan komputer masih kurang efisien.
4.      Belum adanya Sistem Informasi Inventaris Jaringan Komputer yang diuji kualitasnya sehingga fitur dan fungsinya belum sesuai dengan kebutuhan instansi.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah yang telah ditetapkan, rumusan masalah yang akan diteliti adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana mengatasi permasalahan dalam pengolahan data Inventaris Barang terutama untuk mempercepat pengolaan Inventaris Jaringan Komputer di BPS Kota Tasikmalaya?
2.      Bagaimana menjamin kualitas sistem informasi Inventaris Jaringan Komputer di BPS Kota Tasikmalaya sesuai dengan standar kualitas sistem ISO 25010 menurut aspek functional suitability, usability, performance efficiency, reliability, dan maintainability?

1.2.  Tujuan dan Manfaat
Berdasarkan rumusan masalah, dapat dituliskan tujuan penelitian yang akan dilakukan sebagai berikut:

1.      Mengembangkan Sistem Informasi Inventaris Jaringan Komputer Berbasis Website di BPS Kota Tasikmalaya yang dapat mendukung kegiatan dan pengelolaan Inventaris Barang bagi Karyawan Tata Usaha Pada BPS Kota Tasikmalaya.



Spesifikasi Produk yang Dikembangkan
Produk yang dikembangkan dari penelitian ini adalah dari Sistem Informasi Manajamen Inventaris Jaringan Komputer Berbasis Website di BPS Kota Tasikmalaya dengan fungsi sebagai berikut:
1. Mengelola dan melihat aset jaringan komputer pada BPS Kota Tasikmalaya sesuai dengan Ip Addres dan Spesifikasi komputer yang telah di tentukan di setiap ruangan kerja sesuai data Tata usaha pada BPS Kota Tasikmalaya.
2. Mengelola daftar aset Jaringan Komputer yang ada Pada BPS Kota Tasikmalaya.

Komentar

Posting Komentar

Komentar yang mengandung SPAM tidak akan muncul di sistem