Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bandara Komersial Di Tasikmalaya Lanud Wiriadinata

Bandara Komersial Di Tasikmalaya Lanud Wiriadinata

Selamat Pagi sobat Tasikdotcom kita kembali lagi di hari yang sangat berbahagia ini karena saya akan membagikan tentang Banda Komersial di tasikmalaya, nah kita simak saja langsung berita nya. 

Bandara Komersial Di Tasikmalaya Lanud Wiriadinata

Bandara Komersial Di Tasikmalaya Lanud Wiriadinata

Bandara Komersial Di Tasikmalaya Lanud Wiriadinata


Bandara Cibeureum adalah bandar udara yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat, yang disebut juga dengan "Bandara Wiridinata". Bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 1,094 meter sehingga menjadi 5/23 berukuran 2,799 by 45 metre (9,183 × 148 ft), lebar 45 meter mulai tanggal 23 Juli 2014 dengan permukaan aspal dan ketinggian 350 meter di atas permukaan tanah.

Bandar udara ini merupakan bandar udara militer dan sedang dalam proses untuk mendapatkan ijin operasional sebagai bandara komersial. Diperkirakan sebelum akhir bulan Maret 2015, ijin tersebut telah didapatkan.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menjelaskan nota kesepahaman ditandatangani dengan TNI AU lantaran bandara itu sebelumnya merupakan pangkalan udara militer yang dikelola Lanud Wiriadinata Tasikmalaya. "Besok rapat di Mabes TNI AU," kata Budi saat ditemui Tempo di kediamannya, Kamis malam, 12 Maret 2015.

Budi berharap beroperasionalnya bandara ini akan mempermudah akses masuk ke Kota Tasikmalaya. Dia juga menginginkan bandara tersebut segera melayani penerbangan domestik.

Menurut Budi, bila Lanud Wiriadinata menjadi bandara komersial, bisa memacu perekonomian di Kota Tasikmalaya. Tak hanya di Tasikmalaya, tapi juga memacu perekonomian di Priangan Timur. "Mudah-mudahan jadi awal yang baik mendorong perekonomian di Tasikmalaya dan Priangan Timur," katanya.

Budi optimistis adanya bandara bisa mendorong iklim investasi dan mengoptimalkan industri kreatif di Kota Tasikmalaya. "Mempermudah akses Jakarta-Tasik, Bandung-Tasik," katanya.

Saat meninjau Bandara Lanud Wiriadinata seminggu lalu, Kepala Staf Angkatan Udara TNI Marsekal Agus Supriatna mengatakan, dengan beroperasinya bandara komersial, perekonomian Kota Tasikmalaya akan semakin berkembang. Bila dioptimalkan, kata dia, keberadaan bandara dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Priangan Timur. source: Tribun Jabar

"Pembangunan tahap pertama sudah rampung. Selanjutnya, landasan akan diperpanjang secara bertahap dari yang awalnya 1.200 meter," katanya. Agus berharap semua pihak dapat berpartisipasi untuk menyukseskan pembangunan bandara ini. "Media massa juga harus berpartisipasi."

Airport Tasikmalaya Manajemen Lion Air tengah mempersiapkan rute penerbangan baru dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju ke Lanud Wiriadinata Tasikmalaya. Hal itu disiapkan seiring dijadikannya Lanud Wiriadinata menjadi bandara komersial.

Untuk rute baru tersebut, maskapai itu berencana menggunakan penerbangan Wings Air dengan pesawat 72 penumpang. Pihak maskapai berharap adanya rute baru bisa mempermudah arus transportasi ke daerah Priangan Timur.

Hal itu disampaikan Manager Area Lion Bandung, Idris Afandi di Bandung, Rabu 6 April 2016.

"Tahun ini kami berencana membuka sejumlah rute baru, salah satunya yakni Bandara Halim Perdanakusuma - Lanud Wiriadinata - Bandara Halim Perdanakusuma. Waktu pastinya belum bisa kami sampaikan, hal itu tengah dipersiapkan dan disegerakan. Kami berharap semoga bisa dibuka sebelum masa angkutan Lebaran. Pada masa tersebut dipastikan jumlah penumpang bertambah. Bahkan, kami juga sudah mempersiapkan jadwal tambahan untuk rute tertentu dan akan membuka beberapa rute penerbangan baru," katanya. source: Pikiran Rakyat


Rute Menuju ke bandara Lanud Wiriadinata bisa ikuti Google Maps di bawah ini karena Lokasi bandara Lanud Wiriadinata nya sesuai ko jangan Takut tersesat .

Nah sekarang buat anda tidak perlu lagi ke bandung buat cari bandara yang komersial sekarang sudah ada bandara di tasikmalaya yang di komersialkan .. oke Good Bye kembali lagi nanti di artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Bandara Komersial Di Tasikmalaya Lanud Wiriadinata"