Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pengenalan Java Netbeans terbaru 2017

PENGENALAN JAVA



1.1 Pengantar
Bahasa pemograman Java merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemograman yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. Bahasa pemograman ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C++ karena banyak mengadopsi sintak C dan C++. Saat ini Java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembang berbagai Jenis perangkat lunak aplikasi atau pun aplikasi berbasis Web.
java modul

Kelebihan Java dari bahasa pemograman yang lain adalah bisa dijalankan di berbagai jenis sistem operasi sehingga dikenal juga bahasa pemograman multiplatfrom, Bersifat pemrograman beroriantasi objek (PBO) , dan memiliki libary yang lengkap.( Nopriadi,2015:1).
1.2 Sejarah singkat Java
    Pada tahun 1991, Sekelompok peneliti Sun Microsystem dipimpin oleh Patrick Naugthton dan James Gosling Berusaha merancang bahasa pemograman komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV box. Karena perangkat tersebut tidak memiliki banyak memori, bahasa yang dirancang harus berukuran kecil dan mengandung kode yang fleksibel. Juga karena setiap pabrik memilih processor yang berbeda,  maka bahasa pemograman yang dirancang diusahakan agar tidak tergantung terhadap suatu pabrik manapun. Selanjutnya proyek ini diberi nama kode “Green”.
Kebutuhan untuk fleksibilitas, kecil dan kode yang netral terhadap platfrom, untuk mempelajari implementasi Pascal yang pernah di coba. Niklaus Wirth, pencipta bahasa Pascal telah merancang bahsa Portabel yang menghasilkan intermediate code untuk mesin hipotesis. Mesin ini sering disebut dengan mesin maya (virtual machine). Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang memiliki interpreter. Proyek Green menggunakan mesin maya untuk mengatasi isu utama tentang netral terhadap arsitektrur mesin.
Karena orang-orang di proyek Green berbasis C++ dan bukan Pascal maka kebanyakan sintaks diambil dari C++, serta mengadopsi orientasi objek dan bukan prosedural. Awalnya bahasa yang diciptakan diberi nama “Oak” oleh James Gosling. Nama JAVA sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi lyang kemudian dengan tidak sengaja salah satu mereka menyebutkan kata JAVA yang mengandung arti asal bijih kopi. Akhinya mereka sepakat untuk memberikan nama bahasa pemograman tersebut dengan nama JAVA.(Nur Rachman,2010:02)
1.3 Karakterisik Java
a. Berorientasi Objek, Java telah menerapkan konsep pemrograman beorientasi object yang modern dalam implementasinya Robust, Java mendorong pemograman yang bebas dengan kesalahan.
b. Protable, pemrograman Java berjalan pada system operasi apapun yang memiliki Java Virtual Machine.
c. Multitherding, Java mendukung pemrograman multitherding dan terintegrasi secara langsung dalam bahasa Java.
d. Dinamis, Pemrograman Java dapat melakukan sesuatu tindakan yang ditentukan pada saat eksekusi pemrograman dan pada saat kompilasi.
e. Sederhana, Java menggunakan Java yang sederhana dan mudah di pelajari.
f. Terdistribusi, Java didesain untuk berjalan pada lingkungan yang terdistribusi sepeerti halnya internet.
g. Netral secara arsitektur, Java tidak terkait pada satu mesin atau mesin operator tertentu.
h. Interpreted, aplikasi dieksekusi di platfrom yang berbeda-beda karena melakkan interpretasi pada bytecode.
i. Berkinerja tinggi, byte code Java telah teroptimasi dengan baik sehingga eksekusi program dapat dilakukan dengan cepat.
Dengan 9 Karekteristik di atas, aplikasi Java mempunyai popularitas yang sangat tinggi terutama di dunia enterprise application. Dimana semua prinsip di atas sangat cocok untuk jenis aplikasi ini. Industri yang mempunyai budget tinggi untuk IT seperti perbankan dan telekomunikasi menggunakan Java secara eksrensif. Banyak apikasi dengan skala raksasa dibangun menggunakan platfrom Java.
Java Platfrom terdidri dari tiga buah profile : Java Me (Java Micro edition) adalah Java yang bisa berjalan di dalam enterprise embedded system seperti Java card dan Handpone. Java SE (Java Standard Edition) adalah java yang bisa berjalan di dalam di dalam PC maupun server sebagai aplikasi standalone maupun aplikasi desktop. Java EE (Java Enterprise Edition)  adalah Profile java yang di Tujukan untuk membuat aplikasi Enterprise seperti Web Application (Servlet) dan Enterprise Java Bean (EJB).



untuk mendapatkan modul lengkap silahkan berupa pdf  bisa di download langsung dengan cara menghubungi via instagram @azidest_ follow dan dm saja ya. thnkss..

artikel terkait: modul java download, modul jdbc driver, koneksi database , java bahasa pemrograman

Posting Komentar untuk "Modul Pengenalan Java Netbeans terbaru 2017"