Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perjalanan Hidup Hilman Bawono KSK Dulupi BPS

Perjalanan Gidup Hilman Bawono KSK Dulupi  BPS 

Assalamualaikum. setelah beberapa hari tidak posting artikel kali ini saya membagikan kisah hidup yang meng inspirasi hidup sebagai contoh bahwa kerja keras dan kemauan untuk keluar dari zona nyaman untuk menempuh kehidupan yang lebih baik.

Kisah Perjalanan Hidup Bawono
KSK Dulupi, Boalemo, Gorontalo

Kisah perjalanan hidup hilman bawono di mulai pada saat perantauan di awali ketika ia mengikuti tes CPNS KSK di Provinsi Jawa Tengah. ia tidak selalu di hampiri keberuntungan kepadanya, hasil wawancara tidak cukup meyakinkan pimpinan BPS setempat untuk bergabung dan memperkuat korps KSK di Provinsi di Jawa Tengah.

Namun kejelian akan talenta yang dimiliki Hilman menelurkan kebijakan tawaran kepadanya untuk bergabung dengan Korps KSK di Provinsi Gorontolo guna membangun perstatistikan di kawasan timur indonesia. dengan penuh rasa syukur, hilman menerima tawaran sekaligus tantangan tersebut.



diawali dengan niat yang lurus, hilman pun meneguhkan hatinya untuk menerima tawaran tersebut dan memegang amanah yang di berikan kepadanya dan mengharuskan untuk merantau sebagai KSK Dulupi Gorontalo.

Profil Hilman Bawono

Hilman bawono lahir di larangan kaliwiro, Wonosobo pada 7 april 1988. ia lahir sebagai anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Akhmarun dan Sundyah yang asli wonosobo.
pada saat hilman kecil ia sudah terlihat menonjol untuk masalah ke kreativan nya dengan misal orang lain se usia nya yang beli mobil mobilan dari peralatan elektronik, tetapi dia membuat sendiri mainanya dari bahan bahan sederhana yang ada di kampungnya waktu itu.

Hilman Bawono merupakan alumni dari perguruan tinggi Ilmu Statistik Muhammadiyah Semarang tahun 2009. ketika hilmann menerima tawaran sebagai ksk di gorontola, ibunda tercinta hilman sempat sempat terguncang dan keberatan atas keputusan hilman yang menerima tawaran tersebut.

Quotes hilman bawono
"jika alasan merantau adalah mencari pengalaman bukanlah sama artinya dengan tamasya? yang cuma main-main, beli sesuatu, dan balik ke rumah bisa cerita-cerita pengalaman kita. merantau bukan urusan main-main apalagi tamasya. di perantauan kita tunjukan siapa diri kita, dan kita taklukan semua tantangan yang ada. bila ada kesempatan, ambil teman... !"

Minat"Raih nomor satu atau tidak sama sekali!" 

Semua adalah target

"saya orang baru di BPS, Jadi perlu banyak berjuang untuk menyelesaikan semua tugas."
 demikian tekad hilman yang tertulis dalam blog juli 2010.

Hilman sebagai Koordinator Statistik kecamatan di tuntut untuk memiliki kompetensi tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga penguasaaan teknis. bersama enam rekan KSK lainnya, hilman mengikuti pelatihan survei industri mikro dan kecil 2010 (VIMK10). ia mendapat tugas menyurvei blok 002B desa Pontolo kecamatan mananggu dan 002b desa pentadu barat kecamatan tilamuta, menelusuri wilayah blok survei di lakukanya dalam kristal semangat yang membara.

Hilman bekerja di BPS Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo, terdapat banyak lulusan dari berbagai perguruan tinggi, khususnya jurusan statistik. tapi masih sedikit karya yang dapat dinikmati banyak orang. banyak kejadian yang saya alami sebagai KSK dulupi, dan menjadi sia-sia jika saya tidak menulis dan menyebarkan pengalaman saya, tutur hilman.

KSK atau operator ? bingung...!

bulan ini saya merasa pusing, bukan karena tanggung jawab sebagai KSK melainkan sebagai operator SIMAK-BMN.

I like KSK. Saya lebih suka bekerja di lapangan karena akan terhindar dari stress dan bisa bertemu banyak orang. namun saya stress jika sebagai operator SIMAK-BMN. selain di tuntut untuk diam di kantor, juga harus mengerti barang apa saja yang ada di kantor. kerjaan operator SIMAK-BMN sama dengan menjaga barang-barang tersebut. mungkin dari WC sampai AC. apalagi sebagai KSK merangkap Operator SIMAK-BMN, cuma satu kata yang ada "pusing"! ya allah. mudahkanlah hambamu ini. semoga hari esok akan menjadi lebih baik. amin....

Riwayat Pekerjaan Hilman Bawono

Sebelum bekerja di BPS, bukan berarti saya belum pernah bekerja. walaupun pekerjaan saya terbilang kasar, namun saya bangga akan hal itu. 
1. Pengrajin Batako
ia bekerja sebagai pengrajin batako untuk mengisi hari libur kuliah nya, dia mendaftarkan diri secara sukarela kepada pak ipin bos pengrajin batako. dengan imbalann 125 rupiah perbatako, alhamdulilah, setiap hari saya bisa mencetak tidak kurang 90 buah batako. selain di tempatnya pa ipin dia juga bekerja di desa janggli, semarang , sebagai pengrajin batako juga.
2. Membuat rental komputer
ketika hilman sedang kuliah di semarang, saya bersama teman-teman mendirikan "Kampung Statistik 25", bidang usaha yang melayani jual pulsa, pengetikan, penjilidan sederhana, dan analis data.

sewaktu ketika ada yang menayakan kepada Hilman Bawono, Tujuan Hidup kamu apa ya ?

Akhir-akhir ini hidup saya merasa hampa, rejeki saya terima dengan mudah. Namun ada yang menurun dalam diri saya yakni ibadah. Masya Allah...!

Dari hasil penerawangan dalam buku yang di terbitkan Badan Pusat Statistik, 2011

menceritkan bahwa hilman meninggal tenggelam di pada saat liburan di pantai Bolihutuo yang berjarak sekitar 30 km dari rumah kosnya. Hilman ada janji pertemuan dengan seorang mitra bernama Hardi dunggio di pantai untuk membahas mengenai pendataan survei potensi  desa (podes). ketika bermain di pantai, dia semakin jauh dan tidak bisa berenang. hilman bermaksud menolong saya. saya sempat berpegangan di pundak hilman. namun ombak datang kembali dan memisahkan kami. hilman malah terseret ke arah laut sedangkan saya Erfan Hialo (teman satu kos, berada bersama hilman di saat terakhir). setelah di pinggiran pantai, saya baru sadar dan hilman sudah tidak kelihatan.

kalian bisa membaca buku aslinya yang berjudul Kisah Perjalanan Hidup Hilman Bawono, KSK Dulupi, Boalemo, Gorontalo.
Editor  :Biro Humas dan Hukum BPS RI
Penulis : Humas dan Hukum BPS RI
Sumber Naskah: Blog pribadi Hilman Bawono kabarjalan.blogspot.com
diterbitkan oleh : BPS 2011
dicetak oleh : CV. Nariyo Sari

Posting Komentar untuk "Perjalanan Hidup Hilman Bawono KSK Dulupi BPS "